Apa itu Hipnoterapi?

Hipnoterapi

Jika  Anda bertanya kepada seratus ahli hipnoterapi, anda akan menemukan  definisi hipnoterapi  yang beragam. Hal itu bisa dipahami karena setiap  ahli hipnoterapi memiliki sudut pandangnya masing-masing berdasarkan  pengetahuan dan pengalamannya melakukan hipnoterapi.

Melalui tulisan ini, saya memohon Anda benar-benar memahami beberapa  istilah yang salah kaprah dipahami  oleh sebagian besar masyarakat dan  meluruskan informasi yang salah di masyarakat tentang hipnoterapi.

  • Hipnosis adalah keadaan pikiran yang terhubung ke relaksasi yang  mendalam, perhatian menyempit dan kemampuan sugesti meningkat tajam.  Hipnosis adalah keadaan antara antara tidur dan terjaga.
  • Hipnosis panggung (stage hypnosis) adalah hipnosis yang digunakan  untuk tujuan hiburan seperti tayangan di TV yang mengundang tawa.
  • Hipnoterapi adalah hipnosis yang digunakan untuk tujuan terapi.  Hipnoterapi menerapkan teknik hipnosis untuk mendorong pikiran bawah  sadar menemukan solusi masalah.
  • Hipnotis (hypnotist) adalah orang yang melakukan hipnosis atau  sebutan bagi praktisinya. Hipnotis panggung (stage hypnotist) berarti  orang yang melakukan hipnosis panggung untuk hiburan semata.
  • Hipnoterapis (hypnotherapist) adalah orang yang melakukan hipnoterapi atau sebutan bagi praktisinya.
  • Dalam percakapan umum, hipnoterapis sering disebut terapis dan hipnoterapi disebut terapi.

Hipnosis adalah keadaan kesadaran. Hipnoterapi adalah terapi.  Hipnosis itu sendiri bukanlah terapi. Terapi dalam sesi hipnoterapi  terjadi setelah hipnosis telah digunakan untuk menginduksi trance Anda.  Kemudian hipnoterapis membuat sugesti yang membantu pikiran bawah sadar   mencapai tujuan atau mengatasi masalah Anda.

 

Meluruskan salah kaprah

Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap hipnotisadalah hipnosis itu sendiri, padahal hipnotis adalah praktisi atau orang yang melakukan hipnosis. Kemudian menganggap hipnoterapiadalah seperti hipnosis panggung (hiburan) di mana seolah-oleh orang yang dihipnosis menjadi tak berdaya dan mau melakukan apa saja yang mengundang tawa ketika disuruh sang hipnotis panggung.

Padahal, hipnoterapi yang dilakukan oleh hipnoterapis  berkualitas bisa membantu seseorang mencapai perubahan positif yang menakjubkan.

Hipnosis panggung bukanlah hipnoterapi. Hipnosis panggung adalah  bentuk hiburan. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan tertawa yang  semeriah-meriahnya.

Saya berharap Anda sekarang sudah memahami perbedaan besar antara  hipnosis panggung dan hipnoterapi, hipnotis dan hipnoterapis. Begitupun  mengenai hipnosis itu sendiri.

Secara teknis, proses hipnoterapi mirip seperti ngobrol-ngobrol saja  yaitu dengan menginduksi klien masuk trance (hipnosis). Selama hipnosis  badan Anda santai, tapi pikiran Anda menjadi sangat perhatian. Anda  memiliki kemampuan fokus yang meningkat selama sesi hipnoterapi. Dan  Anda berfokus pada sugesti terapis. Di sinilah sesi hipnoterapi dimulai.

Kemudian hipnoterapi dilakukan dengan memberi saran kepada bawah  sadar untuk mencapai tujuannya atau sejumlah cara mengatasi masalah.

Dalam proses hipnoterapi, ada beberapa pendekatan yang dilakukan  seperti menggali akar masalah (regression), mencari titik  ketidaknyamanan (exist) atau fokus pada hasil (outcome).

Hipnoterapis berperan memandu dan membantu klien menggunakan sumber  dayanya (pikiran bawah sadar). Jadi klienlah yang berperan mengatasi  masalahnya sendiri dan hipnoterapis menjadi fasilitatornya. (Baca; Prinsip Melakukan Hipnoterapi)

Manfaat hipnoterapi.

Hipnoterapi sangat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan psikis maupun psikosomatik seperti:

Cemas, stres, trauma, phobia.

Dendam, susah memaafkan.

Emosi meledak-ledak dan susah mengendalikannya.

Grogi, tidak percaya diri bicara di depan orang banyak.

Merasa minder, tidak percaya diri sehingga menghambat sukses.

Psikosomatik, merasa sakit tapi dinyatakan sehat oleh dokter.

Perilaku dan kebiasaan buruk seperti merokok, menggigit kuku.

Masalah anak, seperti malas belajar, malas sekolah, kecanduan game, tidak percaya diri.

Meningkatkan performa di bidang seni, akademik, atletik, pekerjaan, bisnis.

Masalah rumah tangga.

Ini adalah gambaran singkat mengenai beberapa penanganan masalah  dengan hipnoterapi yang paling umum. Jika Anda penasaran dengan masalah  Anda tidak tercantum di sini, Anda bisa mengklarifikasi kepada  hipnoterapis apakah masalah Anda bisa ditangani dengan hipnoterapi.

Efektifitas hipnoterapi

Proses hipnoterapi melibatkan kerjasama hipnoterapis dengan klien.  Keseriusan dan kepercayaan klien terhadap hipnoterapis sangatlah  mempengaruhi hasil yang diharapkan. Selain itu, kemampuan komunikasi dan  konsentrasi  klien serta kecakapan hipnoterapis dalam membimbing klien  juga sangat berpengaruh terhadap hasil

Apakah hasil hipnoterapi permanen?

Pertanyaan ini sering ditanyakan calon klien sebelum mengikuti sesi  hipnoterapi. Saya menemukan beberapa informasi di buku maupun di  internet yang mempromosikan hasil hipnoterapi adalah permanen. Namun,  saya kurang sepakat.

Berdasar pengalaman, saya pernah menjalani sesi hipnoterapi baik  secara pribadi maupun dalam kelas pelatihan yang saya ikuti. Hasilnya  adalah perubahan tersebut bisa berubah naik-turun alias tidak permanen. Tergantung saya sendiri dalam merawat perubahan tersebut. Dalam sesi  hipnoterapi, saya sering memberikan cara untuk merawat perubahan. 

Hasil hipnoterapi  tidaklah permanen sebagaimana yang sering digembar-gemborkan. Namun,  hasil hipnoterapi bisa bertahan lama.

Jika masalah (pikiran) bisa diperbaiki-justru  karena sifatnya yang tidak permanen.  Maka, hasil hipnoterapi juga  bersifat tidak permanen tapi bisa bertahan lama. Apa jadinya jika  terjadi kesalahan dalam proses hipnoterapi dan hasilnya tidak bisa  diperbaiki? Tentu itu sangat merugikan. Untungnya hasil hipnoterapi  tidak permanen, sehingga bisa diperbaiki dan ditingkatkan lagi menjadi  semakin baik.

Butuh berapa sesi hipnoterapi dan apakah di jamin sembuh ?

Hasil setiap orang berbeda-beda dipengaruhi oleh keseriusan,  kepercayaan dan kemampuan konsentrasi klien. Kebanyakan dilakukan 1-2  sesi hipnoterapi. Meski ada juga yang sampai 4-6 sesi hipnoterapi,  tergantung berat masalah yang dihadapi.

Kontrak sesi hipnoterapi adalah kontrak upaya, bukan hasil. Tidak ada jaminan kesembuhan.

Hasil hipnoterapi tidak selalu tampak signifikan begitu selesai sesi  hipnoterapi, dampaknya kadang baru bisa dirasakan setelah beberapa lama  usai sesi hipnoterapi dilakukan. Hal tersebut bisa terjadi karena  sugesti sudah tertanam di pikiran bawah sadar klien dan ada momen  tertentu yang memicu sugestinya.

*Disarikan dari beberapa sumber

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal pikiran bawah sadar?

Hipnoterapi dalam Islam